Jemaah Calon Haji Asal Aceh Selatan Meninggal di Mekkah

KOLOMBERITA.com, Banda Aceh – Seorang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Meukek, Aceh Selatan, Tarmizi Bungsu Agam meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Mekkah, Kamis (8/8/2019).

Tarmizi pemegang paspor C3644576 tergabung dalam kloter 10-BTJ. Ia meninggal di usia 76 tahun.

Kabar duka itu disampakan Ketua Kloter 10-BTJ, Juhaimi Bakri dari Arab Saudi kepada Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Muhammad Nasril.

Tarmizi meninggal dunia pada jam 09.07 Waktu Arab Saudi di Rumah Sakit King Faisal karena penyakit paru kronis. Menurut Juhaimi, Tarmizi sudah pernah dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan sudah kembali ke hotel.

“Pak Tarmizi bin Bungsu pernah kami rujuk ke KKHI, kemarin dikembalikan ke hotel. Lalu tadi pagi sesak lagi kemudian oleh Tim dokter TGC dibawa ke RS King Faisal,” jelas Juhaimi.

Sementara itu, M Nasril menjelaskan, dengan meninggalnya Tarmizi, hingga saat ini sudah empat JCH Aceh yang meninggal dunia di Mekah, Arab Saudi.

Sebelumnya, Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, Sabtu (3/8). Lalu Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8) dan Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Ulee Kareng, Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8).

“Saat ini dalam proses fardhu kifayah, almarhum akan disalatkan di Masjidil Haram bakda ashar disana dan pemakaman di Syaraya,” jelas M Nasril.

Selain itu, ia juga menyampaikan seluruh jemaah calon haji (JCH) Aceh sudah berada di tanah suci makkah Al mukarramah, mulai besok,  Jum’at (9/8) akan  diberangkatkan menuju Arafah,  bersama seluruh JCH Indonesia lainnya, dan puncak haji 1440 H jatuh pada Sabtu 10 Agustus 2019, bertepatan dengan 9 Zulhijjah 1440 H untuk melaksanakan wukuf.(Red/Kamenag Aceh)

Sumber: anteroaceh.com

Mungkin Anda Menyukai